Sunday, June 24, 2012

Cara Membuat Static Page/Halaman Statis pada Blogspot

Oke sobat blogger, kali ini saya kan share tentang cara membuat Static Page/Halaman Statis, halaman statis page bisa diartikas secara sederhana adalah halaman yang terpisah dari Posting blog kita, lalu apa kegunaan dari static page ini? nah kegunaannya misalkan kita akan membuat halaman About, kan gak lazim kalo halaman about masuk ke halaman Posting, karena sedianya ini akan tampil apabila di klik saja,he nah begitu kira2 yang dimaksud dengan halaman statis/ static Page. oh ia, untuk Contohnya lihat saja halaman About pada Blog ini (yang kecil) itu merupakan halaman static. langsung saja ke tutorialnya ya:

Berikut ini langkah membuat halaman statis pada Blogspot:
  1. Login ke dasbor Blogspot Anda, kemudian klik link menu Posting.
  2. Selanjutnya klik submenu Edit Laman/Edit Page
  3. Anda akan diarahkan pada pembuatan halaman baru. Cara mengisi halaman yang akan Anda buat mirip dengan membuat posting biasa.
  4. Jika baru pertama kali membuat halaman statis ini, Anda akan diminta memilih lokasi dimana Anda akan menampilkan link halaman yang baru saja Anda buat. Link ini akan berfungsi sebagai menu pada blogspot Anda yang jika diklik akan menuju halaman tersebut.
  5. Ada 3 pilihan lokasi dari link menu halaman yang Anda buat:
    • Bilah Samping Blog : jika Anda ingin menampilkan menu halaman statis Anda pada sidebar blogspot. Ini akan menjadi menu vertikal pada Blogspot Anda.
    • Tab Blog : jika Anda ingin menampilkannya di bagian atas blog Anda. Ini akan menjadi menu horizontal pada blogspot anda.
    • Tidak Ada Gadget : jika Anda ingin menampilkannya secara manual seperti ketika membuat menu horizontal pada Blogspot baik dengan Membuat menu dengan Javascript maupun dengan CSS.
    Jika Anda memilih opsi pertama atau kedua, maka secara otomatis sebuah gadget baru yang bernama Gadget Pages akan bertambah pada blog Anda. Anda bisa melihatnya melalui menu Tata Letak kemudian pilih submenu Elemen Halaman.
     Anda bisa mengedit Gadget Pages ini jika ingin mengatur halaman apa saja yang ingin ditampilkan pada Blog Anda. Hmm, menarik bukan?
  6. Anda juga bisa menambahkan secara manual Gadget Pages ini (jika tidak memilih pilihan pertama atau kedua pada langkah 5 di atas). Caranya seperti biasa, yaitu:
    • Pada dasbor Anda, pilih link menu Tata Letak, kemudian pilih subtab menu Elemen Halaman.
    • Klik link Tambah Gadget pada bagian blog yang ingin Anda tempatkan gadget pages ini.
    • Maka akan muncul window penambahan gadget baru. Silahkan cari dan pilih Gadget Pages.
Saya rasa, Anda sudah bisamembuat halaman contact pada halaman blogspot pada halaman statis menggunakan fitur ini dan bukan lagi membuatnya pada halaman posting.

sekian tutorial untuk kali ini, semoga bermanfaat ,,, terimakasih

No comments:

Post a Comment